Other Blogs

KARAKTERISTIK DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MENDORONG PERLUNYA PENDIDIKAN SEPANJANG HAYAT (1)

    1. Karakteristik
      1. Hidup, seumur hidup,dan pendidikan merupakan tiga istilah pokok yang menentukan lingkup dan makna pendidikan sepanjang hayat.
      2. Pendidikan tidaklah selesai setelah berakhirnya masa sekolah, tetapi merupakan sebuah proses yang berlangsung sepanjang hidup.
      3. Pendidikan sepanjang hayat tidak diartikan sebagai pendidikan orang dewasa, tetapi mencangkup dan memadukan semua tahap pendidikan baik itu pendidikan dasar, menengah, dan sebagainya.
      4. Pendidikan sepanjang hayat mencangkup pola-pola pendidikan formal maupun pola-pola pendidikan non formal, baik kegiatan-kegiatan belajar terencana maupun kegiatan-kegiatan belajar insedental.
      5. Rumah/keluarga memainkan peran pertama, peranan yang paling halus dan sangat penting dalam memulai proses belajar seumur hidup.
      6. Masyarakat juga memainkan peranan penting dalam sistem pendidikan sepanjang hayat. Mulai sejak anak-anak mulai berinteraksi dengan masyarakat, dan terus berlanjut fungsi edukatifnyadalam keseluruhan hidup, baik dalam bidang profesional maupun umum.
      7. Lembaga-lembaga seperti sekolah, universitas dan pusat latihan tentu memiliki peranan yang penting, tetapi itu hanya sebuah bentuk dari pendidikan sepanjang hayat.
      8. Pendidikan seumur hidup menghendaki keberlanjutan atau kebersambungannya dimensi-dimensi vertikal atau longitudinal pendidikan.
      9. Pendidikan seumur hidup juga menghendaki pendidikan dari setiap tahap hidup sehingga menjadikannya bersifat sebagai pendidikan yang universal tidak bersifat elitis.
      10. Pendidikan sepanjang hayat memiliki dua komponen besar, yaitu pendidikan profesional dan pendidikan umum. Kedua komponen tersebut tidaklah dapat dipisahkan antara satu dan yang lainya, karena saling berhubungan dan dengan sendirinya bersifat interaktif.
      11. Pendidikan seumur hidup mengandung fungsi-fungsi adaptif dan inovatif dari individu dan masyarakat.
      12. Tujuan akhir pendidikan seumur hidup adalah untuk mempertahankan dan meningkatkan mutu hidup.
      13. Ada tiga syarat utama bagi pendidikan seumur hidup yaitu: kesempatan, motivasi dan edukabilitas.
      14. Pendidikan seumur hidup membolehkan adanya pola-pola dan bentuk-bentuk alternatif dalam memperoleh pendidikan.
      15. Pada tingkat operasional, pendidikan seumur hidup membentuk sebuah sistem keseluruhan dari semua pendidikan.

  1. Perlunya Pendidikan Sepanjang Hayat
    1. Keterbatasan Kemampuan Pendidikan Sekolah
Pendidikan sekolah ternyata tidak memenuhi harapan masyarakat. Terlihat anatara lain dalam :
-          Banyak lulusan yang tidak dapat diserap dalam dunia kerja. Yang anatara lain karena mutunya yang rendah.
-          Daya serap yang rata-rata lulusan sekoah yang masih rendah, karena pelajar tidak dapat belajar optimal.
-          Pelaksanaan pendidikan sekolah tidak efisien sehingga terjadi penghamburan pendidikan, yang terlihat dari adanya putus sekolah dan adanya siswa yang mengulang.
Sehingga pendidikan sekolah saja tidaklah cukup maka diperlukan adanya pendidikan diluar sekolah.
  1. Perubahan Masyrakat dan Peranan Sosial
Globalisasi dan pembangunan mengakibatkan perubahan-perubahan yang cepat dalam masyarakat dan ikut mempengaruhi aspek-aspek sosial yang ada. Pendidikan dituntut untuk dapat membantu individu agar selalu dapat mengikuti, mengontrol, selektif terhadap perubahan-perubahan sosial yang terjadi sepanjang hidupnya.
  1. Pendayagunaan Sumber yang Masih Belum Optimal
Salah satu masalah pendidikan kita dewasa ini adalah kelangkaan sumber yang mendukung pelaksanaan pendidikan. Hal yang perlu dilakukan adalah:
-          Penghematan dan optimalisasi dalam penggunaan sumber yang telah tersedia bagi pendidikan.
-          Perlunya penggalian sumber-sumber yang baru yang masih terpendam dalam masyarakat, yang dapat dimanfaatkan untuk memperlancar dan meningkatkat proses pendidikan.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment